Batik Hosting

Knowladgebase Web Hosting Indonesia

Terbaru

Thursday, November 30, 2017

Proxy Server Dan Firewall


Setelah menulis tutorial Cara Install Apache Di Server Linux kali ini saya akan membagikan artikel tentang Proxy Server Dan Firewall

Proxy server adalah sebuah server (sistem komputer atau aplikasi) yang bertindak sebagai perantara permintaan dari pengguna (client) mencari sumber daya dari server lain. Proxy berguna untuk mengatur / mengontrol akses di Internet. Pada sistem operasi Linux, proxy server yang sering digunakan adalah Squid. Menggunakan Squid kita dapat mengatur banyak hal, termasuk mengatur waktu akses Web, mengatur situs yang dapat di akses, dll.
Server proxy memiliki banyak jenis sesuai dengan tujuannya, termasuk:
Untuk menjaga mesin di baliknya tetap anonim (terutama untuk security)
Meningkatkan akses ke sumber (menggunakan caching). Web proxy biasanya digunakan untuk cache halaman internet dari server web
Menerapkan aturan akses terhadap internet atau isinya, contohnya untuk memblokir situs yang tidak diinginkan
Untuk penggunaan log / audit, yaitu untuk menyediakan karyawan perusahaan pelaporan penggunaan Internet.
Untuk melewati kontrol keamanan/ parental.
Memindai perpindahan konten bila terdapat malware sebelumya
Untuk memindai konten outbound, misalnya untuk perlindungan adanya kebocoran data
Untuk menghindari pembatasan regional.
Untuk mencegah mendownload konten yang sama berulang kali (dan menyimpan bandwitdh)

Firewall
Firewall merupakan suatu cara/sistem/mekanisme yang diterapkan baik terhadap hardware , software ataupun sistem itu sendiri dengan tujuan untuk melindungi, baik dengan menyaring, membatasi atau bahkan menolak suatu atau semua hubungan/kegiatan suatu segmen pada jaringan pribadi dengan jaringan luar yang bukan merupakan ruang lingkupnya. Segmen tersebut dapat merupakan sebuah workstation, server, router, atau local area network (LAN) anda.
Proxy server juga biasanya menjadi satu dengan firewall server, meskipun keduanya bekerja pada layer yang berbeda. Firewall atau packet filtering yang digunakan untuk melindungi jaringan lokal dari serangan atau gangguan yang berasal dari jaringan internet bekerja pada layer network, sedangkan proxy server bekerja pada layer aplikasi. Firewall biasanya diletakkan pada router-router, untuk sehingga bisa melakukan filtering atas paket yang lewat dari dan ke jaringan-jaringan yang dihubungkan.

No comments:

Post a Comment